Cari Blog Ini

Rabu, 14 Maret 2012

ALL ABOUT GLEE

Glee adalah serial drama komedi musikal yang ditayangkan di channel Fox di Amerika Serikat. Serial ini menceritakan tentang klub paduan suara New Directions bersaing di lomba paduan suara sementara anggotanya menghadapi hubungan, seksualitas, dan isu sosial. Para pelaku utama awalnya adalah direktur klub dan guru bahasa Spanyol, Will Schuester (Matthew Morrison), pelatih pemandu sorak Sue Sylvester (Jane Lynch), guru bimbingan konselor Emma Pillsbury-Howell (Jayma Mays) dan 8 anggota yang diperankan oleh Dianna Agron, Chris Colfer, Kevin McHale, Lea Michele, Cory Monteith, Amber Riley, Jenna Ushkowitz dan Mark Salling. Pada musim kedua, Mike O'Malley, Heather Morris dan Naya Rivera dipromosikan ke aktor utama.
Serial ini dibuat oleh Ryan Murphy, Brad Falchuk dan Ian Brennan yang pertama-tama membuat Glee sebagai sebuah film. Episode pertamanya ditayangkan setelah acara American Idol pada tanggal 19 Mei 2009 dan musim pertamanya berlangsung dari 9 September 2009 sampai 8 Juni 2010. Musim keduanya mulai ditayangkan pada 21 September 2010.
Glee yang kental dengan unsur musik ini juga merilis lagu-lagu yang terdapat disetiap tayangannya. Dimulai dari Glee: The Music, Volume 1, yang dirilis pada tanggal 2 November 2009. Yang pada akhirnya meraih kesuksesan dengan penjualan mencapai tujuh juta keping.
Secara umum, acara ini mendapatkan respon positif. Season pertama dari serial ini juga mendapat 19 nominasi Emmy Awards, 4 Golden Globe Awards, 6 Satellite Awards dan 57 penghargaan lainnya. Memenangkan Golden Globe Award 2010 untuk Best Television Series- Musical or Comedy dan mendapat 3 nominasi sebagai Aktris Terbaik (Lea Michele), Aktor Terbaik (Matthew Morrison), dan Artis Pendukung Terbaik (Jane Lynch). Pada tahun 2011, Glee lagi-lagi memenangkan Golden Globe Awards untuk Best Television Series – Musical or Comedy. Jane Lynch dan Chris Colfer memenangkan Golden Globe sebagai Best Supporting Actress (Aktris Pendukung Terbaik) dan Best Supporting Actor (Aktor Pendukung Terbaik). Matthew Morrison dan Lea Michele juga dinominasikan sebagai Best Actor (Aktor Terbaik) dan Best Actress (Aktris Terbaik).

Produksi

Konsep awal

Ian Brennan membuat konsep Glee berdasarkan pengalaman pribadinya saat menjadi anggota koor SMA Prospect High School.[1] Pada awalnya ia merencanakan Glee sebagai sebuah film daripada serial televisi, dan sudah menulis ceritanya sejak Agustus 2005. Dia sudah menyelesaikan skripnya tahun itu juga, tapi tidak bisa fokus pada proyek ini sampai beberapa tahun kemudian.[2] Mike Novick, seorang produser televisi dan teman Brennan, memberikan salah satu kopian skrip itu pada Ryan Murphy.[3] Murphy juga pernah bergabung di grup koor saat sekolah, dan merasa kalau dia tertarik juga dengan skrip itu. Murphy dan Brad Falchuk menyarankan agar Glee ditampilkan sebagai serial televisi saja. Skripnya ditulis ulang semua, lalu diberikan pada Fox. Murphy dan Falchuk menjadi produser eksekutif dan menjalankan acara ini, sedangkan Brennan menjadi ko-produser eksekutif dan Novick menjadi produsernya.[4] Brennan, Falchuk dan Murphy menulis semua cerita episode acara ini. [5]
Glee diset di Lima, Ohio.[6] Murphy memilih sebuah latar Midwest seperti ia sendiri yang tumbuh di daerah Indiana.[7] Meskipun mengambil latar di Ohio, pengambilan gambar dari serial ini dilakukan di Paramount Studio di Hollywood.[8] Ia sendiri berkata kalau dia belum pernah menonton film musikal Disney, High School Musical, yang dimana Glee akan dibanding-bandingkan. Ia berkata akan membuat format serial dengan musik yang lebih modern. Ia tertarik membuat sebuah acara keluarga untuk menarik perhatian orang dewasa sekaligus anak-anak, dengan orang dewasa yang berperan sebagai anak remaja. Ia juga sudah menyiapkan serial ini untuk ditayangkan selama 3 tahun.

Musik dan koreografi

Serial ini mencakup banyak lagu yang dinyanyikan oleh para karakternya.[9] Murphy bertanggung jawab atas semua pemilihan lagunya, dan berusaha menyeimbangkan antara lagu hits di tangga nada dan "show tunes", karena: "Aku ingin membuat acara ini untuk semua orang. Itu sangat penting-keseimbangan di antara keduanya." Pemilihan lagu didasarkan pada pengembangan skrip, dan Murphy menjelaskan: "Tiap episode memiliki sebuah tema inti. Setelah aku menulis skripnya, aku akan memilih lagu yang akan membantu jalan ceritanya mengalir."[10] Untuk musim kedua, juga digunakan lagu "Top 40", yang bertujuan agar menarik lebih banyak penonton dan menaikkan rating.[11]
Murphy kaget ketika ia mendapatkan kemudahan dari para studio rekaman yang menyetujui kalau lagu mereka bisa dipakai, dan menerangkan: "Aku pikir kuncinya adalah mereka menyukai nadanya. Mereka suka karena serial ini bercerita tentang optimisme dan anak muda, dan yang penting, menunjukkan kembali karya-karya klasik pada pemirsa baru. Memang ada sebagian kecil musisi yang menolak kalau lagunya dipakai, seperti Bryan Adams, Guns N' Roses dan Coldplay. Tapi, bulan Juni 2010 Coldplay berubah pikiran dan memperbolehkan Glee menyanyikan lagu mereka.[12] Adams sendiri menyampaikan di Twitter-nya kalau produser Glee tidak pernah meminta izin darinya dan memaksa mereka untuk "mengambil teleponnya."[13] Billy Joel menawarkan banyak lagunya agar bisa digunakan,[14] dan beberapa musisi menawarkan penggunaan lagu secara cuma-cuma.[15] Soundtrack dari Glee dirilis oleh Columbia Records. Lagu yang akan ditampilkan di acara ini bisa diunduh secara digital di iTunes, bahkan sudah bisa diunduh hingga 2 minggu sebelum episodenya ditampilkan.
Koreografer dari Glee adalah Zach Woodlee dan memuat empat sampai delapan lagu per episodenya. Ketika Murphy telah memilih sebuah lagu, izin pemakaian lagunya akan diselesaikan oleh supervisor P. J. Bloom. Produser musik Adam Anders diaransemen kemabali untuk para pemeran Glee. Selanjutnya, potongan lagu itu akan direkam terlebih dahulu, setelah itu Woodlee baru membuatkan tariannya, yang kemudiann diajarkan pada para pemeran dan difilmkan. Kemudian, rekaman studio untuk semua lagu dibuat.
Semua proses di atas dimulai enam sampai delapan minggu sebelum serialnya ditayangkan, dan kadang baru selesai sehari persis sebelum ditayangkan. Tiap episode membutuhkan paling sedikit 3 juta US dollar (sekitar 27 miliar rupiah). Koreografinya yang rumit bisa menghabiskan waktu 10 hari untuk pengambilan gambar per episodenya. [16] Akhir 2010, Bloom mengatakan prosesnya sudah diperpendek, "sependek 1 minggu." Untuk musim kedua Glee, para kreator ditawarkan lagu-lagu di masa mendatang oleh para studio rekaman, dan produksi telah dilakukan meskipun izin pemakaian lagunya belum sepenuhnya selesai.

Para Pemeran dan Karakternya

Morrison menjadi pemeran setelah Murphy menghabiskan waktu selama 3 bulan di Broadway mencari seorang aktor.
Dalam pencarian karakter Glee, Murphy mencari para aktor dan aktris yang mampu beradaptasi di peran teaterikal dengan waktu pengambilan gambar yang cepat. Ia menghabiskan waktu sekitar 3 bulan di Broadway, dimana ia menemukan Matthew Morrison, yang sebelumnya sudah membintangi Hairspray dan The Light in the Piazza; Lea Michele, yang membintangi Spring Awakening; dan Jenna Ushkowitz, yang pernah bermain peran di The King and I.
Aktor yang diaudisi tanpa pengalaman teater diharuskan menunjukkan kemampuan mereka dalam menyanyi, menari sekaligus akting.Chris Colfer, yang sebelumnya tidak mempunyai pengalaman profesional, dibuatkan karakternya oleh Murphy sebagai Kurt Hummel[17] Jayma Mays mengikuti audisi dengan lagu "Touch-a, Touch-a, Touch-a, Touch Me" dari The Rocky Horror Show, Cory Monteith hanya mengirimkan rekaman aktingnya saja, dan lalu ia diminta untuk mengirimkan rekaman kedua yang berupa musik, yang lalu ia mengirim rekaman lagu REO Speedwagon, "Can't Fight This Feeling". Kevin McHale datang dari latar sebagai seorang pemain band, ia pernah menjadi anggota grup Not Like Them. Jane Lynch pada awalnya hanya akan menjadi pemeran tidak tetap,[18] tapi setelah itu ia menjadi pemeran reguler setelah Damon Wayans melihat kinerjanya yang baik di stasiun ABC.[19]
Monteith berperan sebagai anggota klub glee Finn Hudson.
Morrison berperan sebagai Will Schuester, guru bahasa Spanyol McKinley High dan juga pembimbing klub glee.[20] Lynch berperan sebagai Sue Sylvester, pelatih cheerleader sekolah dan juga musuh utama klub glee. Mays berperan sebagai Emma Pillsbury, guru Bimbingan Konseling yang punya perasaan pada Will.[21] Jessalyn Gilsig berperan sebagai Terri Schuester, mantan istri Will, yang dimana mereka bercerai karena Terri membohongi Will tentang kehamilannya.[22] Lea Michele berperan sebagai Rachel Berry, bintang bertalenta klub glee yang sering disiksa anggota cheerleader dan futbol. Monteith berperan sebagai Finn Hudson, quarterback dari tim futbol yang mengambil resiko untuk dikerjai kawannya karena mau bergabung ke klub glee. Amber Riley berperan sebagai Mercedes Jones, seorang diva berkulit hitam gemar fashion yang menolak untuk bernyanyi sebagai latar. Colfer berperan sebagai Kurt Hummel—seorang gay yang suaranya bisa mencapai suara wanita;[23] McHale berperan sebagai Artie Abrams, pemain gitar yang kakinya lumpuh. Ushkowitz berperan sebagai Tina Cohen-Chang, seorang Asia Amerika yang pura-pura gagap. Mark Salling berperan sebagai Noah "Puck" Puckerman, teman futbol Finn yang paling menolak kalau Finn bergabung di klub glee, tapi anehnya ia sendiri antinya juga ikut bergabung. Dianna Agron berperan sebagai Quinn Fabray, pacar Finn dan anggota cheerleader yang juga bergabung ke klub glee. Naya Rivera dan Heather Morris berperan sebagai Santana Lopez dan Brittany Pierce anggota cheerleader yang turut bergabung ke klub glee bersama Quinn. [24] Mike O'Malley, berperan sebagai ayah Kurt, Burt Hummel. [25]

Penayangan

Musim pertama dari Glee terdiri dari 22 episode.[26] Episode perdananya, Pilot, ditayangkan di Amerika tanggal 19 Mei 2009.[27] Setelah itu kembali ditayangkan tanggal 9 September 2009,[28] sampai 9 Desember 2009, total sebanyak 13 episode diproduksi. Tanggal 21 September 2009, Fox telah meminta tambahan 9 episode lagi untuk ditayangkan. Sisa 9 episode itu mulai ditayangkan tanggal 13 April 2010 sampai 8 Juni 2010.[29]
Bulan Januari 2010, Fox mengumumkan kalau mereka akan menayangkan musim kedua dari Glee. Produksinya akan dimulai Juni 2010.[30][31] Episode pertama musim kedua, Audition, akhirnya ditayangkan juga tanggal 21 September 2010.[32] Musim ketiga dari Glee juga sudah dipesan Fox tanggal 23 Mei 2010. [33]
Glee telah diminta untuk ditayangkan di banyak negara di dunia seperti Australia,[34] Kanada,[35] Selandia Baru,[36] Fiji,[37] Afrika Selatan,[38] Inggris,[39] Irlandia. [40] Untuk negara-negara di Asia, yang pernah menyiarkan Glee secara langsung adalah Filipina,[41] India,[42] Malaysia,[43] Singapura,[44] dan Indonesia. [45]

[sunting] Penayangan Di Indonesia

Di Indonesia, Glee dapat disaksikan di saluran TV berbayar Star World Asia setiap hari Selasa pukul 19.55 WIB. Glee musim ke-2 telah ditayangkan sejak tanggal 25 Januari 2011. Selain itu, Glee musim pertama juga pernah ditayangkan di Indonesia melalui stasiun TV swasta, Global TV. [45].
Glee musim ke-3 telah ditayangkan di Star World Asia setiap hari Selasa, mulai tanggal 24 Januari 2012.

 Reaksi Masyarakat

Musik

Penampilan musik dari para pemeran Glee bisa terbilang sukses secara komersial, dengan mencatatkan penjualan sebesar 21 juta keping singel dan 9 juta keping album di seluruh dunia.[46] Tahun 2009, Glee mempunyai 25 singel dalam tanggal lagu Billboard Hot 100, kedua terbanyak di belakang The Beatles yang mencatatkan 31 singel tahun 1964.[47] Bulan Februari 2011, Glee melampaui Elvis Presley sebagai musisi terbanyak yang menempatkan lagunya di Billboard Hot 100.[48] Bahkan, daur ulang lagu Rihanna yang berjudul Take a Bow telah meningkatkan penjualan lagu itu sendiri sampai 189%.
Meskipun begitu, beberapa artis seperti Slash, Kings of Leon, Red Hot Chili Peppers dan Foo Fighters menolak lagunya digunakan oleh Glee. Hal ini membuat Ryan Murphy tidak senang dan mengatakan kalau mereka membuat "keputusan yang salah" karena tidak membiarkan lagunya digunakan di serial TV buatannya ini.[49]

Fans

Para fans dari Glee biasanya menamai diri mereka "gleeks",[50] gabungan dari kata "glee" dan "geek".

Penghargaan

Glee telah menerima banyak penghargaan dan nominasi. Tahun 2009, serial ini memenangkan 5 Satellite Award: "Serial Musikal atau Komedi TV Terbaik", "Aktor Terbaik" dan "Aktris di Serial Musikal atau Komedi TV" untuk Morrison dan Michele, "Aktris Pendukung Terbaik" untuk Lynch dan "Penghargaan Khusus untuk Bintang Tamu Terbaik" untuk Kristin Chenoweth.[51] Tahun 2010, serial ini memenangkan Golden Globe Award untuk "Serial Televisi Terbaik – Musikal atau Komedi". Morrison, Michele dan Lynch juga mendapatkan nominasi.[52] Serial ini masuk nominasi untuk 2 Writers Guild of America Award, dengan screenplaynya yang mendapat nominasi di kategori "Serial Komedi" dan "Serial Baru".[53] Para pemeran Glee memenangkan penghargaan "Penampilan Terbaik oleh Ensambel di Serial Komedi" di Screen Actors Guild Awards ke-16.[54] Paris Barclay dan Ryan Murphy mendapatkan nominasi untuk "Penyutradaraan Terbaik–Serial Komedi" di Directors Guild of America Awards atas hasil kerja mereka di Glee.[55] Bulan Juli 2010, Glee memperoleh 19 nominasi Emmy Award, termasuk "Serial Komedi Terbaik", "Aktor Utama Terbaik – Serial Komedi" untuk Morrison dan "Aktris Utama Terbaik – Serial Komedi" untuk Michele.[56][57] Pada akhirnya mereka berhasil memenangkan 4 penghargaan, termasuk "Aktris Pendukung Terbaik di Serial Komedi" untuk Lynch dan "Bintang Tamu Terbaik untuk Aktor di Serial Komedi" untuk Neil Patrick Harris.
Pada tanggal 16 Januari 2011, acara ini memenangkan Golden Globe untuk "Serial Televisi Terbaik - Musikal atau Komedi" dan Lynch serta Colfer memenangkan Golden Globes untuk Aktris dan Aktor Pendukung Terbaik di Serial Televisi.
Para pemeran Glee diundang untuk menyanyi di Gedung Putih atas perintah Michelle Obama di April 2010 untuk acara Easter Egg Roll.[58]

Film

Glee: The 3D Concert Movie, sebuah film konser yang isinya diambil dari tur konser Glee di Amerika Serikat, diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2011 di Amerika Serikat. Film ini hanya ditayangkan secara terbatas untuk dua minggu. Film ini disutradarai oleh Kevin Tancharoen.[59]

Media berhubungan

!Informasi lebih lanjut: The Glee Project
Bulan Januari 2010, diumumkan bahwa akan ada audisi terbuka untuk 3 pemeran baru yang akan diperkenalkan di Glee musim kedua. Audisi ini terbuka bagi para amatir dan profesional berumur 16-26 tahun. Para pemeran baru ini akan muncul di episode pertama musim kedua Glee.[60] Murphy berkata: "Setiap orang sekarang berkesempatan masuk di acara ini, sebagai seorang underdog yang bertalenta. Kami ingin menjadikan musikal komedi yang interaktif di televisi."[61] Tanggal 22 Juni 2010, Josef Adalian dari majalah New York mengatakan bahwa realiti show ini akan dibatalkan, karena Murphy masih ingin berkonsentrasi pada serialnya, dan mungkin nantinya show realiti ini dapat menghancurkan Glee. Adalian mengatakan bahwa tim produksi masih memilih beberapa pemenang dan mengundang mereka untuk tampil di Glee minimal satu episode.[62] Bulan Juni 2010, tersiar berita bahwa stasiun TV Oxygen akan menyiarkan acara Televisi realiti yang akan disiarkan mulai Juni 2011, berisi para penampil yang akan berkompetisi untuk mendapatkan peran di Glee.[63][64] The Glee Project akhirnya ditayangkan tanggal 12 Juni 2011 di Amerika Serikat dan episode terakhir ditayangkan tanggal 21 Agustus 2011.[65] Pemenang dari The Glee Project akan mendapat hadiah tampil sebanyak 7 episode di Glee musim ketiga (yaitu Samuel Larsen dan Damian McGinty), serta 2 finalis lainnya mendapatkan hadiah 2 episode di Glee (Lindsay Pierce dan Alex Newell).[66]

Galeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar