Cari Blog Ini

Kamis, 25 Agustus 2011

OSN KUBAR 2011

SENDAWAR - Sebanyak 192 pelajar mengikuti Olimpiade Sain Nasional (OSN) SMA tingkat Kubar 2011, yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Kubar kerja sama Disdik Provinsi Kaltim di SMAN 1 Sendawar Kecamatan Melak, Selasa (10/5) kemarin.
“Kegiatan rutin ini, kita lakukan setiap tahun kepada SMA se-Kubar, bertujuan untuk menguji kemampuan bagi para siswa,”kata Kepala Disdik Kubar Ir Fredrick Ellia G MA melalui Kabid Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP) Disdik Kubar E Chen Tek Hen S Pd ketika ditemui usai acara pelantikan kepala SD, SMP, dan SMA di Gedung Serba Guna Aji Tulur Jejangkat Sekretarat Kabupaten Kubar.
Ia juga menambahkan, dari 192 orang peserta dari 11 Sekolah tingkat SMA se-Kubar yakni, SMAN 1 Sendawar Kecamatan Melak, SMAN 2 Sendawar Kecamatan Linggang Bigung, SMAN 7 Sendawar Kecamatan Barong Tongkok dan SMAN 9 Kecamatan Muara Lawa masing-masing 24 orang peserta. SMAN 5 Sendawar Kecamatan Muara Pahu dan Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Melak masing-masing 16 peserta.
Selanjutnya, 23 peserta dari SMA Surya Mandala Kecamatan Barong Tongkok, 15 peserta dari Sekolah Adi Widia Kampung Muara Jawaq Kecamatan Mook Manaar Bulatn, 12 peserta dari SMAN 3 Sendawar Kecamatan Long Iram, SMAN 4 Kecamatan Linggang Bigung, 10 peserta dan terakhir 8 peserta dari SMAN 10 Sendawar Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang.
“Sedangkan mata pelajaran yang di ONS kan ada 8. Yakni, matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, dan kebumian. Sistem pengawasan melalui silang murni dari para guru dari sekolah yang ikut ONS,” ungkap E Chen Tek Hen.
Ia menjelaskan, setelah di lakukan penyaringan dari sejumlah peserta yang ikut di ONS tersebut dan menghasilkan juara 1, 2, dan 3. Pemenang akan kirim peserta dalam mengikuti ONS tingkat provinsi di rencanakan pada 7-8 Juni 2011 di Samarinda. “Kalau mereka (peserta, Red.) lolos dalam mengikuti ONS tingkat provinsi, selanjutnya mereka akan di bawa mengikuti tingkat regional,” jelasnya.
Sementara Kepala Sekolah SMAN 5 Sendawar Kecamatan Muara Pahu, Muhammad Shadik mengatakan, ia tetap optimistis bahwa anak didiknya menang. Selain karena sudah lolos mata pelajaran astronomi ke tingkat provinsi tahun 2010 lalu, mereka juga sudah mempersiapkan enam bulan melalui bimbingan belajar (Bimbel) dan soal-soal ONS tahun lalu. Ia mendukung diadakannya ONS tersebut, karena selain meningkatkan daya saing dan motivasi peserta," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar